Breaking News
Loading...
Friday 10 October 2014

Info Post
Resep Unik Nasi Hijau | Nasi pada umumnya berwarna putih pulen dan bersih. Kali ini saya menyajikan resep unik nasi hijau. Olahan nasi ini memang tak biasa karena memang warna nasi yang tidak wajar. Warna hijau yang dihasilkan ini karena memakai cabai hijau. Pastinya lezat bila masuk ke mulut. Apa saja bahan-bahannya? Mari Anda saya lampirkan bahanbahan pembuatnya berikut dengan cara memasaknya

Resep Unik Nasi Hijau

1. Bahan utama yang harus disiapkan : Pertama, Anda harus menyapkan 500 gramnasi putih pulen. Setelah itu, siapkan 3 lembar daun jeruk yang telah dibuang tlang daunnya dan dicincang halus. Lalu, sediakan 1 batang serai yang diambul putihnya dan dimemarkan dan juga 1 sendok teh garam. Setelah itu, sediakan ½ sendok teh gula pasir dan 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis nantinya.

2. Bahan untuk bumbu halus : Untuk bumbu halus, yang utama sediakan 5 buah cabai hijau besar yang dibuang bijinya. Lalu siapkan 4 butir bawang merah dan 3 siung bawang putih.

3. Bahan untuk teri kacang balado : Siapakn 200 gram tempe yang telah diiris seperti korek api lalu digoreng. Lalu, pastikan ada masing-masing 100 gram teri nasi yang telah digoreng dan kacang tanah kulit yang telah dkupas dan digoreng. Jangan lupa 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

4. Bahan untuk bumbu halus untuk balado tempe kacang : Siapkan masing-masing 5 butir bawang merah dan 5 buah cabai merah keriting. Sediakan 3 buah cabai merah besar dan 1 sendok teh gula pasir. Lalu, siapkan 1 sendok makan asam Jawa dari 1 sendok teh asam Jawa dan 1 sendok makan air.

5. Bahan pelengkapnya : Siapakan 2 butir telur yang telah didadar rawis, 2 sendok makan bawang goreng, dan 1 ikat kemangi yang telah disiangi. Sediakan pula sambal terasi secukupnya.

6. Cara membuatnya : Untuk balado tempe kacangnya, panaskan dahulu minyak goreng setelah itu tumis bumbu halusnya hingga beraroma harum. Setelah itu masukkan teri, kacang goreng, dan tempe bersama-sama. Lalu diaduk sampai semua bahan dibalut gula. Untuk nasi gorengnya, panaskan minyak dahulu lalu menumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai tercium wangi. Lalu masukkan nasinya dan diaduk rata. Kemudian masukkan garam dan gula, kembali diaduk rata.

7. Tips memasaknya : Untuk bahan pelengkapnya dapat menggunakan bahan lainnya sesuka hati Anda.

Demikianlah resep unik nasi hijau ini saya bagi untuk Anda. Semoga berguna bagi Anda yang ingin mencoba warna berbeda untuk nasi goreng Anda. Rasa cabai hijau yang khas akan tercium dan terasa nikmat.

0 comments:

Post a Comment