Breaking News
Loading...
Wednesday 8 October 2014

Info Post
Resep Bubur Sumsum Jagung | Anda suka makan bubur? Wah, berarti sama, dong. Saya juga suka bubur. Bubur memang jenis makanan yang mudah dicerna dan teksturnya lunak, sehingga membuat sistem pencernaan kita diuntungkan karena tidak perlu bekerja keras dalam mengunyah dan mencerna makanan. Bubur bisa terbuat dari apa saja. Ada bubur kacang ijo, ada bubur nasi, ada juga bubur dari Manado yang terkenal itu. Namun, kali ini saya tidak akan membicarakan tentang bubur di atas, karena saya lebih tertarik untuk membahas bubur yang belum banyak dikonsumsi oleh orang-orang awam, yaitu bubur sumsum jagung. Anda tahu bubur sumsum, kan? Itu, lho… bubur yang terbuat dari gula merah yang berwarna merah kecoklatan dan rasanya manis. 

Resep Bubur Sumsum Jagung
Bagaimana rasanya kalau bubur sumsum itu dicampur dengan jagung? Wah, kelihatannya bakal tambah lezat nih! Sllurrp! Nyam! Ya sudah, tidak usah berlama-lama lagi, saya perkenalkan kepada anda Resep Bubur Sumsum Jagung yang ada di bawah ini : 

1. Bahan masakan : Siapkan jagung manis yang dipipil bijinya. Tidak usah banyak-banyak. Cukup 1 buah saja. Lalu sediakan juga gula pasir sebanyak 150 gram, garam sebanyak 1 sendok teh, santan sebanyak 600 ml, daun pandan 1 lembar, dan pipilan jagung untuk hiasannya. Sedangkan bahan untuk bubur sumsumnya adalah terdiri dari tepung beras sebanyak 200 gram, santan sebanyak 300 ml, garam 1 sendok teh saja, gula merah cair sebanyak 150 ml, daun pandan 2 lembar, dan 700 ml air.

2. Cara memasak : Untuk adonan jagung, masak secara bersamaan jagung, santan, garam, daun pandan, dan gula pasir. Aduk-aduk sampai semua merata. Setelah masak, buang daun pandannya dan blender hingga halus. Sedangkan untuk adonan bubur sumsumnya, anda campurkan tepung beras dengan santan. Aduk sampai adonan benar-benar merata. Setelah itu, rebus air, garam dan daun pandan hingga mendidih. Lalu, masukkan secara perlahan-lahan adonan jagung dan bubur sumsum. Aduk hingga kedua adonan itu mengental dan rata. Angkat, dan sajikan dalam mangkuk. Tambahkan jagung pipilan sebagai hiasan. Jangn lupa, gula merahnya juga masukkan ke mangkuk sesuai selera anda.

3. Tips : Jagung dapat diganti dengan labu atau ubi, karena gizinya sama.

Demikian tulisan dari saya tentang Resep Bubur Sumsum Jagung. Semoga anda dapat membuat bubur jagung sumsum dengan lezat.

0 comments:

Post a Comment