Breaking News
Loading...
Monday 13 October 2014

Info Post
Resep Gurihnya Nasi Tasikmalaya Tutug Oncom | Ketika berbicara masakan olahan dari nasi, kita hanya tau beberapa olahan nasi saja. Biasanya olahan nasi yang kita tahu seperti nasi goreng, nasi liwet, nasi campur, dan masih banyak lagi olahan nasi lainnya. Nah, ada masakan olahan dari nasi yang begitu khas dari salah satu daerah di Jawa Barat. Olahan tersebut ialah Nasi Tutug Oncom khas Tasikmalaya. Nasi tutug oncom ini sudah menjadi makanan khas Kota Tasikmalaya berpuluh-puluh tahun. Berikut ini akan saya ulas resep gurihnya nasi Tasikmalaya tutug oncom buat Anda sekalian

Resep Gurihnya Nasi Tasikmalaya Tutug Oncom
1. Bahan-bahannya : Nah, ini merupakan poin penting dalam membuat nasi tutug oncom. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan nasi tutug oncom antara lain 175 gram oncom yang dibakar dulu sampai warnanya coklat kehitaman, lalu Anda siapkan pula 600 gram nasi putih pulen sebagai salah satu menu tutug oncom, 2 sendok makan bawang merah yang sudah diiris tipis dan digoreng, minyak sayur sebanyak 2 sendok makan, dan minyak goreng secukupnya untuk menumis.

2. Bumbu yang dihaluskan : Dalam bumbu-bumbu yang dihaluskan, Anda perlu menyiapkan 5 ruas kencur yang dikupas kulitnya dulu, garam sebanyak 1 sendok teh, 7 buah cabai rawit merah, 5-6 siung bawang merah, dan yang terakhir 4 siung bawang putih yang digoreng sebentar.

3. Pelengkap nasi : Untuk pelengkap nasi tutug oncom, jumlah pelengkap nasi tergantung dari selera si koki. Di dalam makanan pelengkap ada ayam goreng, tahu dan tempe goreng, tomat, mentimun, sambal terasi untuk membuat selera pedas, dan tak lupa juga daun kemangi untuk variasi olahan nasi ini.

4. Cara mengolah masakan : Adapun cara untuk membuat nasi oncom ini, pertama Anda panaskan minyak goreng dengan volume api kecil dan tumis bumbu halusnya (kencur, garam, cabai rawit, bawang merah, bawang putih) sampai aromanya harum. Kemudian angkat sebentar dan masukkan oncom lalu bisa Anda tumbuk. Setelah ditumbuk, campurkan nasi dan bawang gorengnya tadi. Selanjutnya, Anda bisa membagi sesuai porsi, misal jadi 5 porsi dan langsung bungkus dengan daun pisang. Setelah Anda bungkus, pangganglah hingga aromanya harum. Setelah matang, bisa Anda angkat dan sajikan dengan makanan pelengkapnya tadi dan pastikan masih hangat.

5. Tips untuk Anda : Dalam pemanggangan diatas bara api, jangan terlalu lama karena akan merusak tekstur nasi dan gosong. Porsi makanan ini bisa untuk 5 orang.

Semoga artikel resep gurihnya nasi Tasikmalaya tutug oncom ini menjadi referensi Anda dalam memasak.

0 comments:

Post a Comment