Breaking News
Loading...
Monday 13 October 2014

Info Post
Resep Menu Lezat Pepes Nasi Bakar | Nasi pada umumnya hanya dikukus bila dijadikan makanan pokok. Nasi juga biasanya digoreng dengan berbagai bentuk warna dan rupa nasi goreng tersebut. Lalu, selain itu bentuk masakan apa lagi yang dapat dibuat dari bahan dasar nasi? Kali ini saya memberikan resep menu lezat pepes nasi bakar. Mungkin agak terdengar aneh karena nasi ini dibuat seperti pepes lalu dibakar. Saya cantumkan bahan-bahan dan cara memasaknya berikut ini

Resep Menu Lezat Pepes Nasi Bakar
1. Bahan utama yang harus disiapkan : Pertama, yang utama jangan ketinggalan nasinya cukup 3 gelas saja karena hanya untuk 6 porsi/bungkus saja. Untuk lauknya, sediakan masing-masing 2 buah hati dan ampela ayam yang sudah diiris-iris. Lalu, sediakan pula 50 gram udang yang telah dikupas sebelumnya. Tambahkan pula 100 gram jamur yang telah diiris dan juka suka tambah 5 buah cabe rawit yang telah diiris. Jangan lupa sediakan garam secukupnya dan ½ sendok teh gula pasir. Sediakan pula 3 sendok makan minyak goreng. Tambahkan pula 6 lembar daun salam dan 2 tangkai serai yang masing-masingnya dipotong menjadi 3 bagian. Jangan pula untuk bungkusnya siapkan daun pisang dan juga lidi untuk menyematkan daun pisangnya. 

2. Bahan untuk bumbu halus : Sediakan 5 butir bawang merah dan 3 siung bawang putih. Sediakan 2 cm kunyit yang telah dibakar dan dikupas kulitnya. Siapkan cukup seruas jari kelingking kencur yang telah dikupas. Sediakan pula 4 butir kemiri dan ½ cm lengkuas. Siapkan juga 2 buah cabai merah yang telah dibuang bijinya. Jika suka sediakan pula 1 sendok teh terasi.

3. Cara membuatnya : Pertama-tama, tumislah bumbu halusnya sampa tercium wangi. Setelah itu, masukkan hati, ampela, dan udang bersamaan lalu diaduk sampai harum. Kemudian, tambahkan jamur dan cabai rawit lalu diaduk sampai jamurnya matang. Sesudah itu, masukkan nasi, garam, dan juga gula kemudian aduk sampai rata. Jangan lupa cicipi dahulu sedikit rasanya. Setelah matang, bungkus ke dalam 6 bungkus daun pisang dengan tiap bungkusnya diberi selembar daun salam dan sepotong serai. Panggang sampai daunnya harum dan sebelum akan disajikan, panaskan kembali sejenak.

4. Tips memasaknya : jamur yang dipakai dapat memakai jamur merang, jamur kerang, atau shiitake segar tergantung selera Anda.

Demikianlah resep menu lezat pepes nasi bakar ini saya berikan untuk Anda. Menu makanan ini dapat dinikmati di ssegala suasana dengan ramai-ramai. Semoga resep pepes nasi bakar ini berguna bagi Anda.

0 comments:

Post a Comment