Breaking News
Loading...
Sunday 5 October 2014

Info Post
Resep Ayam Hainan | Jika anda bosan dengan masakan khas Indonesia.Kali ini saya merekomendasikan anda untuk memasak menu masakan yang sangat polpuler di negeri tirai bambu,Cina. Dengan bahan dasar tetap menggunakan daging ayam.Namun menu masakan ini juga sudah sangat populer di  asia tenggara.Apalagi kalau bukan Ayam Hainan.Memasak Resep Ayam Hainan ini memang membutuhkan waktu yang agak lama,yakni sekitar 1 jam lebih.Namun lamanya proses memasak,nantinya akan terbayar dengan rasanya yang menggoyangkan lidah. Berikut Resepnya.

Resep Ayam Hainan

Saran penyajian dari resep yang saya tulis ini hanya untuk 4 porsi makan saja. Untuk bahan utama dan bahan-bahan untuk bumbunya antara lain 1 ekor ayam kampung yang telah dibersihkan.Kemudian 3 batang daun bawang merah,jahe secukupnya dan memarkan,5 siung bawang putih yang telah di cincang halus,lalu 1 buah mentimun,1000ml air,3 batang daun peterseli,kemudian 5 sendok makan minyak wijen,ada juga 1 sendok makan garam,dan yang terakhir 1 sendok teh penyedap rasa.Langkah-langkah untuk mengolahnya,caranya sebagai berikut.Potong daging ayamnya menjadi 4 bagian kemudian jangan lupa untuk mencucinya.Setelah terpotong baru anda tusuk-tusuk daging ayamnya menggunakan garpu.

Tujuan untuk menusuk-nusuk daging ayamnya adalah untuk mempercepat daging menjadi lebih empuk.Kemudian barulah rebus daging ayam tersebut selama kurang lebih 30 menit sampai benar-benar empuk.Lalu tiriskan,dan air rebusan dari dagingnya jangan dibung ya,karena masih mengandung kaldu dari yamnya dan berguna untuk tahap memasak berikutnya.Setelah itu sipakan wajan dan panaskan minyak goreng,kemudian tumis jahenya sampai harum kemudian baru masukkan daging ayamnya berserta kaldu.Berikutnya,masukkan daun bawang merahnya,aduk dan masak sampai daging ayam benar-benar empuk.Jika daging ayam sudh lunak,angkat dan sisihkan.Kemudian lumurilah dengan minyak wijen.Dan potong rapi daging ayamnya agar terlihat semakin menarik.Dan yang terakhir hidangkan dengan kuas rebusan daging ayam tadi,tambahkan acar mentimun dan 3 batang daun peterselinya tadi.

Ayam hainan biasanya dintap dengan nasi hainan pula,semacam nasi gurih kalau di Indonesia. Namun dimakan dengan nasi putih biasa juga sudah nikmat. Semoga Resep Ayam Hainan yang saya tulis ini bermanfaat untuk anda,Selamat mencoba,semoga berhasil.

0 comments:

Post a Comment