Breaking News
Loading...
Wednesday 14 January 2015

Info Post
Resep Sop Buntut - Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan ini. Masakan yang sungguh menggoda lidah dan membuat ketagihan bagi siapa saja yang pernah mencicipinya. Memang makanan ini harganya cukup mahal, namun dibandingkan kenikmatan yang kita peroleh, mungkin bisa dibilang sudah sesuai. Sop buntut adalah masakan yang sangat enak. Segala usia dapat mengkonsumsi makanan ini. Agar menghemat pengeluaran anda untuk membeli makanan ini, ada baiknya anda mencoba memasaknya sendiri di rumah. Namun mengolah buntut sapi termasuk yang susah - susah gampang. Tidak semua bisa mengolah buntut sapi ini menjadi sop yang enak. Sebagian dari mereka malas untuk mengolahnya karena merasa ribet dan susah dalam memasaknya. Namun jika anda mengetahui cara mengolahnya maka tidak ada lagi yang susah. Saat membeli buntut sapi dari penjual daging atau di pasar, minta pada penjual daging untuk memotong sesuai ruas - ruasnya, sehingga anda tidak repot membersihkan di rumah. Atau anda bisa juga membeli langsung buntut sapi siap masak di supermarket. Harga buntut sapi di supermarket memang agak lebih mahal dari pada di pasar, namun dengan pembelian buntut sapi di supermarket akan lebih praktis dan lebih mengurangi beban memasak anda.
Resep Sop Buntut Sapi




Bahan - bahan
Bahan - bahan yang ada perlukan untuk membuat sop buntut sapi antara lain : 800 gram buntut sapi (potong - potong sesuai ruasnya), 2 liter air (digunakan untuk merebus daging), 3 centi meter kayu manis, 2 butir cengkeh, 4 siung bawang putih dan haluskan, 1 butir biji pala dan haluskan, 3 batang daun bawang dan potong - potong ukuran 2 cm, 4 batang seledri dan ikatlah membentuk simpul, 75 gram wortel dan potong - potonglah ukuran 1 1/2 sm, 100 gram kentang dan potonglah berbentuk dadu / kotak - kotak ukuran 2 cm, 1 buah tomat dan iris menjadi 8 bagian, 2 sdt garam, 1 sdt merica bubuk, 100 ml minyak goreng, bawang goreng secukupnya untuk taburan.


Cara membuat sop buntut

Cara membuat sop buntut adalah sebagai berikut :

  1. cuci bersih potongan buntut sapi yang baru kita beli
  2. rebuslah potongan buntut sapi yang sudah kita cuci ke dalam panci dengan menggunakan air secukupnya hingga kurang lebih selama 15 menit
  3. angkatlah potongan buntut sapi yang baru kita rebus dan tiriskan airnya
  4. ganti air didalam panci dengan air baru dan rebuslah hingga mendidih
  5. setelah mendidih masukkan potongan buntut sapi ke dalam panci
  6. tambahkan kayu manis, cengkeh, bawang putih dan biji pala
  7. setelah buntut empuk, ukur kaldunya hingga tersisa kurang lebih 1 liter air
  8. masukkan potongan wortel dan kentang dan rebuslah hingga matang
  9. tambahkan daun bawang, seledri, tomat, garam, merica dan aduk terus agar bumbu bisa merata
  10. setelah wortel dan kentang sudah empuk/masak maka masakan sudah bisa diangkat
  11. tuangkan sup buntut sapi pada mangkok saji
Ternyata tidak sebegitu sulit seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Sajikan sop buntut ini dalam keadaan hangat karena akan terasa kenikmatan lebih dari rasa dagingnya. Dengan sedikit kreativitas, resep sop buntut sapi ini bisa anda modifikasi menjadi makanan lainnya, seperti sop buntut goreng ataupun sop buntut bakar. Untuk sop buntut goreng, sebelum digoreng rendamlah terlebih dahulu potongan buntut yang sudah direbus dengan campuran bawang putih, garam dan ketumbar selama beberapa menit. Kemudian tinggal anda goreng.

Demikian artikel kami tentang resep sop buntut sapi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda. Tunggu artikel - artikel menarik dari kami selanjutnya. Jangan lupa menuliskan komentar anda pada artikel kami. Selamat mencoba. Terimakasih atas kunjungan anda.

0 comments:

Post a Comment